Iklan

Kapan-kapan mau tak pasang iklan di sini!! :)

Cara Memilih Biji Kopi Berkualitas Melalui Sortasi

Cara Memilih Biji Kopi Berkualitas Melalui Sortasi ~ Kopi di indonesia sangat beragam sekali, ada biji kopi robusta, biji kopi arabika. Guna memilih biji kopi berkualitas yaitu untuk menentukan kelas atau standar mutu biji kopi. Biasanya biji kopi untuk dijadikan bubuk kopi / dijual kembali ke pengepul (agen). Kopi berkualitas akan memiliki cipta rasa yang nikmat dan bisa untuk minuman di pagi hari.



Cara Memilih Biji Kopi Berkualitas Melalui Sortasi

Bila anda membeli biji kopi di pasar-pasar tradisional pasti anda disuguhi dan di tanya kopi nomor 1, 2, 3 atau yang jelek kualitasnya. Oleh karena itu supaya anda mengetahui kenapa ada biji kopi 1, 2, 3 dan seterusnya. Yaitu melalui proses penyortiran (sortasi). Memilih biji kopi terbaik harus ada tahapannya melalui penyortiran / sortasi (Sortasi penggolongan jenis kopi untuk membersihkan kotoran dan untuk menentukan kelas / standar mutu biji kopi). Penyortiran secara tradisional dan moderen. Bila sortasi secara tradisional akan membuang-buang waktu karena dipilih satu demi satu oleh jari manusia. Bila sortasi menggunakan alat modren yaitu mesin akan efisien sekali karena cepat dan praktis.

Secara klasifikasi dan standar mutu biji kopi yaitu :
Mutu 1 : Jumlah nilai cacat maksimum 11
Mutu 2 : Jumlah nilai cacat 12 -25
Mutu 3 : Jumlah nilai cacat 26 - 44
Mutu 4 : Jumlah nilai cacat 45 - 80
Mutu 5 : Jumlah nilai cacat 81 - 150
Mutu 6 : Jumlah nilai cacat 151 - 225

Biji kopi itu ada kelas nya tersendiri seperti penjelasan diatas. Nah, demikianlah mengenai Cara Memilih Biji Kopi Berkualitas Melalui Sortasi, Semoga artikel ini meberi wawasan kita tentang cara memilih biji kopi. Anda Ingin berwirausaha bagaimana caranya lihat motivasi berikut Cara Mengawali Usaha Bisnis Sendiri.

NB: Bila anda ingin berwirausaha dalam bidang kopi kami bisa memberikan wawasan yang lebih, misalnya membuat bubuk kopi untuk dijual kembali, cara menyangrai (menggoreng tanpa minyak), atau membuka warung kopi dan lain-lain. Kami bisa menyediakan kopi asli lampung barat. Silahkan hubungi admin (about).


0 Response to "Cara Memilih Biji Kopi Berkualitas Melalui Sortasi"

Post a Comment

Terimakasih atas komen anda..!!